Cara Mengolah Daun Kersen dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Kersen merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Buahnya berbentuk bulat dan kecil dengan rasa manis yang khas. Tumbuhan ini bisa ditanam di halaman rumah, di kebun belakang rumah, maupun sebagai tanaman hias untuk menghalau sinar matahari yang terik di siang hari. Tumbuhan kersen ternyata bukan hanya sekedar tumbuhan hias saja. Jika Anda bisa melakukan cara mengolah daun kersen dengan benar, Anda bisa mendapatkan khasiatnya untuk kesehatan. Daun dari kersen ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Misalnya saja untuk menurunkan hipertensi, menurunkan koleserol, serta menurunkan gula darah.
Tumbuhan yang kaya manfaat ini bisa dengan mudah Anda tanam. Selain daunnya yang bermanfaat, khasiat buah kersen juga bisa digunakan. Buah kersen bisa Anda konsumsi dan asam urat yang Anda derita pun akan kunjung membaik. Buah yang mirip dengan buah cherry ini biasanya sangat disukai anak-anak. Anak-anak memanjat pohon kersen untuk mengambil buahnya sebagai makanan yang enak. Memang benar, rasanya yang manis dan warnanya yang merah merona sangat menggoda untuk dimakan. Pernahkah Anda mencobanya. Langsung saja, mari lihat beberapa khasiat buah kersen serta cara pengolahannya.

Ini Dia Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah kersen. Cara mengolah daun kersen menjadi minuman yang berkhasiat pun bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Mengkonsumsi buah kersen sebagai minuman herbal untuk kesehatan tidak memiliki efek samping. Jadi, dengan bahan alami yang digunakannya, Anda tidak perlu menggunakan obat-obatan yang ada dalam apotik. Cara alami memang selalu lebih mudah dan menarik. Nah, bagaimana cara mengolah kersen untuk kesehatan tubuh?
  • Untuk menurunkan hipertensi

Penggunaan daun kersen untuk menurunkan hipertensi sebenarnya sudah dilakukan dari zaman dulu. Anda yang memiliki masalah dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa melakukan pengobatan menggunakan daun kersen. Caranya mudah, potong-potong daun kersen dan keringkan. Setelah kering, seduhlah dengan air panas dan Anda bisa mengonsumsinya 2 kali dalam sehari.
  • Untuk menurunkan kolesterol

Anda yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh bisa mencoba merebus daun kersen dalam jumlah 2 genggam. Sebelumnya, cuci daun kersen terlebih dahulu. Didihkan dalam 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Saringlah hasilnya dan minum secara teratur dalam waktu 3 kali sehari.
  • Untuk menurunkan kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah yang tinggi bisa menyebabkan diabetes yang akut. Anda bisa menurunkan kadar gula dalam darah dengan merebus daun kersen dalam jumlah 100 gram. Didihkan dalam 1 liter air hingga menjadi kurang lebih setengah gelas. Konsumsi secara teratur dua kali dalam sehari.
Mudah kan? Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, maka pengobatan pun akan semakin cepat. Itulah cara mengolah daun kersen untuk kesehatan tubuh. Cobalah dan rasakan sendiri perubahan pada penyakit Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel