Aneka Cara Mengolah Buah Bit untuk Meningkatkan HB dan Zat Besi dalam Darah

Hemoglobin atau yang sering disebut HB adalah protein darah yang fungsinya mengangkut oksigen. Salah satu penyebab penyakit anemia adalah kadar HB yang rendah, salah satunya disebabkan oleh infeksi virus HIV. Untuk mencegah kurangnya HB, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah bit. Buah bit merupakan tanaman yang mirip dengan ubi jalar, warnanya merah dan rasanya manis. Cara mengolah buah bit untuk meningkatkan HB akan dibahas dalam artikel ini.

budidaya buah bit,cara mengolah buah bit untuk balita,cara mengolah buah bit untuk ibu hamil,cara merebus buah bit,harga buah bit per kilo,menaikan hb secara cepat,
Baca juga : Buah Mengkudu

Buah bit mengandung zat besi dan vitamin C dimana keduanya sangat bermanfaat untuk tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga agar tidak mudah terserang penyakit. Sedangkan zat besi berguna untuk meningkatkan fungsi darah. Jumlah HB darah yang turun dipengaruhi oleh kandungan zat besi. Oleh karenanya, mengetahui cara mengolah buah bit untuk meningkatkan HB sangat penting. 

Salah satu cara memanfaatkan buat bit untuk obat anemia dan meningkatkan HB adalah dengan dibuat jus. Caranya mudah. Buah bit yang sudah ada, cuci bersih dan kupas kulitnya. Selanjutnya potong-potong menjadi bagian terkecil agar mudah dimasukkan dalam blender. Selanjutnya tuangkan air satu gelas sekedar cukup untuk membuat air jus. Setelah Anda haluskan dengan blender, tuangkan dalam gelas dan tambahkan sedikit gula atau madu. Sebenarnya, mengkonsumsi ramuan ini tanpa gula pun sudah manis. Anda tinggal meminumnya secara rutin segelas tiap harinya.

Selain dibuat menjadi jus, cara mengolah buah bit untuk meningkatkan HB salah satunya bisa dengan membuat bubur bit. Mengingat anemia tidak hanya terjadi pada orang dewasa, bahkan anak-anak pun berpotensi, membuat bubur bayi dengan buah bit menjadi solusi mudah memberikan asupan zat besi bagi anak yang belum bisa mengkonsumsi jus. Caranya adalah buah bit dikukus hingga lunak, kemudian dilembutkan dengan sendok. Anda bisa menambahkan sedikit garam supaya rasanya mudah diterima lidah anak.

Untuk orang dewasa, mengkonsumsi bit cukup mudah. Buah bit bisa dikukus biasa lalu dimakan begitu saja. Rasanya seperti ubi, manis dan mengenyangkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Anda bisa memakan bersama hidangan lain seperti ayam goreng atau lauk. Bahkan, beberapa masyarakat tidak terlalu ribet dalam hal cara mengolah buah bit untuk meningkatkan HB. Mereka hanya perlu mencuci buah lalu menyantapnya mentah-mentah. Namun di Indonesia yang lidahnya asing dengan makanan hambar, perlu tambahan perasa seperti garam.

Itulah beberapa cara mengolah buah bit untuk meningkatkan HB. Mengingat penyakit anemia bisa terjadi pada siapa saja, Anda harus waspada. Buah bit bisa diperoleh di supermarket terdekat yang menyediakan sayuran. Akhir kata, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara mengolah bit untuk menaikkan HB dalam tubuh. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel